Last Day : Lost in Bangkok

Hari ketiga ini adalah hari terakhir Saya di Bangkok. Awalnya Saya berniat untuk liburan selama 4 hari tetapi karena tiket pulang di hari selasa sangat mahal (bedanya hampir 1,5 juta cuy) maka Saya putuskan cuma sampai hari senin. Di hari terakhir ini sebenarnya tujuan Saya hanya ke Madame Tussaud. Tetapi karena flight pulang ke Jakartanya malam kayaknya sayang aja kalau cuma kesatu tempat makanya di hari ketiga ini lebih banyak hal-hal spontan yang Saya lakukan yang tidak terencana sebelumnya.

Jam 10 Saya sudah selasai packing dan siap check-out dari hostel. Beruntungnya hostel yang Saya tempati membolehkan penghuninya untuk menitipkan barang bawaan seperti tas walaupun sudah check-out. Kemarin Saya menitipkan tas backpack dan hanya membawa tas selempang kecil ke madame tussaud.

senyumnya itu loh, JUARA banget 😂 !
Karena madame tussaud posisinya di salah satu mall pusat kota Bangkok di daerah Siam jadi dari hostel hanya butuh jalan sekitar 10-15 menit kesana. Harga tiket masuknya 990 baht (dari website madame tussaud) tetapi Saya beli online lewat Tokopedia dan harganya hanya 195 ribu rupiah. Madame Tussaud memang sudah lama menjadi bucket list sejak SMA kalau ke luar negeri dan akhirnya kesampaian juga pas ke Bangkok. Penasaran aja sama patung-patung lilin dari tokoh-tokoh dunia yang dibuat dengan skala 1:1 menyerupai bahkan beberapa mirip banget. Saya disitu sampai jam setengah 1, oh ya tiket yang Saya beli itu udah termasuk dengan tiket nonton 4D Ice Age.

Sehabis dari Madame Tussaud ntah kenapa penasaran pengen jalan-jalan ke Chulalongkorn University (CU). Ini dikarenakan banyak mahasiswa CU berlalu-lalang di daerah Siam. Saya bisa tahu bahwa orang-orang tersebut adalah mahasiswa, karena disini mahasiswa memakai seragam seperti anak-anak sekolah dasar maupun menengah berbeda seperti Indonesia atau mungkin negara lain yang cenderung bebas mengenai pakaian. Dan benar saja pas Saya cek Gmaps ternyata Chulalongkorn University tidaklah jauh dan berada disekitaran komplek National Stadium. Tetapi yang ada Saya malah berkeliling di sekitaran National Stadium.

Jadi National Stadium ini adalah komplek olahraga seperti Gelora Bung Karno di Jakarta. Dulunya stadion ini adalah stadion utama timnas Thailand bila melakukan pertandingan kandang tetapi sekarang pertandingan kandang timnas Thailand pindah ke stadion Rajamanggala yang lebih baru dan modern. Karena disini adalah area komplek olahraga makanya disini banyak arena-arena olahraga lain maupun pusat sport science yang kayaknya sih juga digunakan oleh CU sebagai tempat penelitian. Tetapi harus diakui sepengamatan yang Saya lihat memang Komplek Gelora Bung Karno masih jauh lebih luas dan lebih lengkap secara fasilitas. Disekitaran komplek National Stadium juga banyak dijual peralatan olahraga berikut jersey dari harga original sampai KW. Dari informasi yang Saya dapat di berbagai blog banyak pedagang jersey dari Indonesia datang kesini membeli jersey untuk dijual kembali ketika pulang ke Indonesia. Harga yang Saya lihat pun beragam dari 60 baht sampai 500 baht juga ada tergantung dari kualitas.

Saya menemukan hal menarik dari Stadion yang digunakan untuk Asian Games 1966 ,tepat setelah Indonesia menjadi tuan rumah pada tahun 1962, dan juga Asian Games 1970 dan 1978. Hal menarik tersebut adalah terdapat nama Indonesia di stadion yang berkapasitas 19.793 penonton tersebut. Nama-nama tersebut tidak lain adalah para atlet-atlet Indonesia yang berhasil meraih medali emas diantara ketiga Asian Games ini. Ulasan lebih lanjut akan Saya buat dalam satu tulisan khusus mengenai ini.

Puas berkeliling National Stadium jujur Saya bingung mau kemana lagi, clueless seriously. Akhirnya Saya googling tempat wisata Thailand yang kira-kira gak begitu jauh dan gratis. Ada beberapa tempat tapi Saya putuskan ke Tilleke and Gibbins Museum. Jadi ini museum isinya kumpulan barang-barang KW, agak aneh sebenarnya barang KW niat banget dijadiin museum tapi ya gitu penasaran aja mumpung masih ada waktu sebelum balik ke airport jadi ya gaskeun lah !. Perjalanannya agak lumayan sebenarnya jadi dari BTS National Stadium turun di BTS Chong Nonsi dengan harga 30 baht. Nah dari situ kita pindah ke BRT (Transjakarta nya Bangkok). Jadi BTS Chong Nonsi ini adalah salah satu BTS yang interchanged dengan BRT, jujur Saya lupa nama stasiun BRTnya. Nah trus naik BRT dan turun di terminal BRT Wat Dokmai.

Tilleke and Gibbins Museum ini letaknya di salah satu gedung perkantoran namanya Supalai Grand Tower. Kata Gmaps kalau jalan kaki dari terminal BRT Wat Dokmai ke gedung ini sekitaran 40 menit, karena Saya agak ngejar waktu jadi Saya putuskan naik ojek pangkalan di Bangkok tetapi sebelumnya Saya cek dulu harga di Grab. Ternyata yang Saya dapat lebih murah, Jadi pas Saya cek Grab harganya 60 baht sedangkan ojek pangkalan cuma 40 baht ,lumayanlah save 20 baht. Eh taunya pas sampai ketempat ternyata udah TUTUP COY MUSEUMNYA… Saya cari-cari lah informasi mengenai jam operasional museum dan ternyata untuk hari senin (Saya kesini hari senin) bukanya cuma satu jam dari jam 14.00-15.00 dan pas cek jam ternyata udah 15.15, telat 15 menit coy !!.

Karena udah menjelang sore jadi Saya langsung balik ke hostel untuk ngambil tas tetapi sebelumnya sholat dulu di Masjid Darul Aman deket hostel. Dari Supalai Grand Tower Saya coba naik taxi tapi sebelumnya cek harga dulu di Grab. Di Grab dari Supalai Grand Tower ke BTS Chong Nonsi harganya 130an baht (udah lupa) kalau pake Taxi cuma 79 baht, ini Saya pake meteran Taxi bukan Taxi tembak. Alhamdulillah malah lebih murah.

Setalahnya gak banyak yang Saya lakukan abis ambil tas di hostel langsung menuju bandara karena udah menjelang sore juga. Oh ya Saya sempet duduk-duduk bentar di taman deket pasar Chatuchak itung-itung nikmatin sore sebelum balik ke Jakarta. Taman di deket pasar Chatuchak ini bisa dibilang cukup terawat soalnya masih banyak burung-burung yang terbang disekitar taman terus ada kolam buatan ditengah-tengah taman. Biaya dan transportasi menuju bandara pun sama persis seperti dari bandara ke pusat kota Bangkok.

Here is Lost in Bangkok Jorney
1. Intro : Lost in Bangkok
2. Lost in Bangkok Day 1
3. Lost in Bangkok Day 3

Popular posts from this blog

COME TO STADIUM #1 : Hanoi FC Lawan Hai Pong (Vietnam League)

MAKE AC MILAN GREAT AGAIN !