Day 2 : Lost in Bangkok

Alarm yang telah Saya set jam 05.05 berbunyi untuk membangunkan sholat subuh. Bangkok dan Jakarta tidak ada perbedaan waktu yang membuat waktu sholatpun tidak jauh berbeda. Dikarenakan breakfast yang masih lama yaitu jam 8 Saya pun tidur lagi, memang badan ini masih agak remuk dikarenakan perjalanan kemarin apalagi ditambah Saya belum tidur sebelumnya. Jadi pilihan untuk kembali tidur adalah pilihan yang cukup wise sambil mengeset alarm di jam 7.50 lumayan 10 menit buat ngulet di kasur sebelum breakfast😪😫. (Day 1 in Bangkok)

Sehabis breakfast dan mandi Saya pun ready untuk ke tempat yang sudah direncanakan sebelumnya. Tepat jam 10 Saya berangkat, agak lama sih soalnya pas mau berangkat ngobrol-ngobrol dulu sama turis dari Korea dan pasangan dari Malaysia. Tempat pertama yang Saya tuju adalah Wat Saket atau lebih dikenal dengan Golden Mount. Jadi candi ini keistimewaannya kita harus jalan naik 300 anak tangga (katanya sih gitu, gak dihitung juga sih) dan di puncaknya berupa kubah kuil berwarna emas.

Perjalanan kesini dari hostel dekat banget cukup jalan kaki kearah Siam kurang lebih 10 menit terus ntar ketemu sungai didaerah Khlong Saen Seab nah dari situ naik boat turun di dermaga Phan Fha. Harga naik boat cuma 9 baht dan harga masuk ke Wat Saket 50 baht, kayaknya baru naik deh harga tiket masuknya soalnya Saya pernah baca di blog orang gitu harga masuknya 20 baht. Kurang lebih sejam Saya disini soalnya panas bangeett parah, ini baju udah kuyup aja padahal baru tempat pertama.

Habis dari Wat Saket Saya menuju Bangkok Art and Culture Centre (BACC) di deket BTS National Stadium masih disekitaran Siam. Dari Wat Saket naik boat yang sama kayak waktu pergi dengan harga 11 baht (kayaknya ada biaya muter balik 2 baht deh padahal rutenya sama hahaha) abis itu turun di Khlong Saen Saeb trus udah tinggal jalan 10 menit ke BACC.

Ada kejadian menarik ditengah-tengah perjalanan ke BACC. Jadi tiba-tiba seluruh jalanan sekitaran Siam ditutup gitu dan blokade polisi ada dimana-mana para pejalan kaki pun diminta berhenti sementara, nah ternyata ada pejabat Thailand mungkin Perdana Menteri atau bisa jadi bahkan Raja yang mau masuk ke rumah (kayaknya sih rumah soalnya gak kelihatan kayak gedung pemerintahan gitu). Tetapi sayangnya gak boleh direkam soalnya pas Saya mau ambil hp si polisi langsung dengan tegas bilang “ don’t don’t ” sambil diikuti gesture tangan menandakan “jangan” bentar doang sih ini gak sampe 5 menit sampe si pejabat itu masuk rumah.

BACC itu semacam tempat art gallery dari mulai seni kontemporer sampe modern, design, musik, theatre sampe film dan tempatnya luas banget, nah ini yang paling penting yaitu GRATISSS. Tempatnya juga ber-AC karena di dalam gedung jadi pas banget buat ngadem secara baju basah kuyup waktu ke Wat Saket. Di BACC sendiri juga sering ngadain semacam kajian seni atau talkshow ataupun eksibisi dari seniman lokal gitu, waktu Saya kesana ada kajian tentang seni patung tapi aing teu ngerti euy soalnya pake bahasa Thailand. Kalau mau nongkrong-nongkrong juga enak disini soalnya banyak kafe-kafe jual makanan atau misal mau ngopi-ngopi tapi yaaa lagi-lagi cuma bisa liat doang alias gak beli (namanya juga qiesmin). Kebetulan disini agak lama karena selain buat ngadem trus tempatnya bagus juga sama tiba-tiba diluar hujan jadi ya neduh aja dulu. Kalau masuk ke auditoriumnya dilantai atas kita diminta ngasih deposit 100 baht yang dibalikin lagi pas balik dari auditorium sama gak boleh bawa tas jadi kita dipinjamin loker plus kuncinya untuk penitipan tas.

Salah satu sudut ruangan di BACC

Sekitar jam setengah 2 Saya lanjut lagi kebetulan hujan udah reda. Tujuan selanjutnya adalah Erawan Museum (baca di salah satu blog katanya MUST VISIT), oke sebenarnya gak ada yang bener-bener enak untuk menuju sini karena tempatnya yang pinggiran Bangkok kayaknya udah bukan Bangkok deh. Jadi menurut artikel yang Saya baca, dari BACC naik BTS National Stadium trus turun di BTS On Nut (katanya begitu…) trus gak jauh dari situ lanjut Taxi. Awalnya pikir Saya cuma “ah jalan kaki bisa nih dibanding naik Taxi” ternyata pas dicek Gmaps “JANCUUUK 2 JAM LEBIH KALAU JALAN KAKI KESANA”. Yaudahlah karena udah terlanjur show must go on aja trus Saya cobain ojek online di Bangkok waktu itu pake Grab Bike (gak tau kalau ada selain Grab) dari On Nut ke Erawan Museum harganya 107 baht. Pas naik ojek online ternyata tahu kalau gak usah berhenti di stasiun BTS On Nut mending sekalian berhenti di stasiun BTS Samrong (stasiun akhir BTS). Kalau dari BTS Samrong jalan kaki sekitar 30 menit.

Sampai di Erawan Museum ekspektasi udah tinggi nih apalagi perjalanannya lumayan jauh dan TERNYATAA PAS MASUK “ya gitu aja“. Kenapa demikian ?? Jadi awalnya Saya kira harga masuk Erawan Museum mirip-mirip Wat Pho atau Wat Arun kisaran 50-100 baht taunya harga tiketnya adalah 400 baht. Wajar aja pas beli tiketnya ekspektasi Saya besar banget apalagi ditambah kata-kata MUST VISIT. Ini menurut Saya ya, diluar patung gajah dengan 3 kepala yang gede banget gak ada lagi yang spesial. Mungkin teman-teman ada yang gak sepakat sama Saya, moggo silahkan. Karena inilah yang membuat Saya cukup menyesal gak masuk Grand Palace walaupun tiketnya 500 baht tapi kita dapat tiket terusan ke Vimanmek Mansion juga yang bisa digunakan dalam seminggu kedepan.

Nah letak museumnya ada di basement deket si patung Gajah ini. Dalamnya disitu ada penjelasan kayak peta perdagangan keramik di Thailand maupun asal usulnya trus juga mengenai bagaimana Asia Tenggara disebut tanah emas atau Suvarnabhumi. Oh ya didalam museum kita gak boleh mengambil foto. Sekitar satu setengah jam Saya di Erawan Museum trus lanjut ke tujuan selanjutnya.

Nah ini yang paling Saya tunggu-tunggu mungkin bisa dibilang ini yang paling membuat Saya excited pergi ke Bangkok yaitu nonton sepakbola. Ya sesimpel itu buat seorang gila bola seperti Saya untuk mendapatkan self-happiness 😊😊 apalagi ini pertama kali Saya nonton bola langsung di stadion di luar Indonesia. Nanti akan ada tulisan tersendiri mengenai ini. Oke lanjut !

Karena mengejar waktu dari Erawan Museum Saya naik Grab ke BTS Samrong bukan BTS On Nut ya. Nah masalah kembali muncul, jadi pas Saya pesen Grab Bike gak ada yang mau lah si drivernya mungkin terlalu jauh bagi mereka,  itu sudah Saya refreash berkali-kali. Yaudahlah mau gamau beralih ke Grab Car kena biaya 90 baht sampe BTS Samrong. Nah ini yang buat Saya surprised pas naik Grab Car gak tanggung-tanggung mobil yang jemput Saya adalah Toyota Revo (Hilux kalau di Indonesia), iya seriusan mobil double cabin😁. Seumur-umur kalau mesen GO Car atau Grab Car di Jakarta paling mewah tuh kalau gak Avanza ya Xenia.

Dari BTS Samrong tujuan Saya adalah BTS Asok karena di BTS Asok ini adalah salah satu stasiun yang interchanged dengan MRT (jadi untuk ke stadion paling deket naik MRT) dengan biaya 48 baht. Sampai di stasiun Asok Saya baru inget ternyata Saya belum sholat apalagi udah jam 5 jadilah Saya cek Grab ada gak masjid terdekat yang ke detect sama Grab dan ternyataa, ada saudara-saudara. Namanya masjid Darul Aman yang ternyata pas udah sampai sana, Ya ampuuunnn (dikira acara bando) deket banget sama hostel cuma 10 menit jalan kaki dan ini masjid loh kalau semalam lebih ke musholla. Biaya Grab Bike dari BTS Asok ke Masjid Darul Aman 66 baht.

Selepas sholat Saya langsung buru-buru menuju stadion karena pertandingan sepakbola akan dimulai jam 7 malam dan waktu udah jam setengah 6. Selepas nonton bola Saya langsung balik ke hostel karena kaki yang udah cukup remuk dan badan yang udah lengket banget, keringetan cuy. Sebelum ke hostel Saya makan malam dulu didekat hostel, kebetulan ada street food gitu jualan mie (kwetiaw sih sebenarnya) dan rame banget jadi kayaknya enak karena belum makan berat dari siang makanya Saya pesen kwetiaw telor kepiting (sumpah kepitingnya banyak dan gede-gede) harganya 70 baht.

Waktu udah menunjukkan jam setengah 11 malam saat Saya pulang ke hostel sehabis makan. Setelah itu gak ada lagi yang Saya lakukan selain mandi sholat dan istirahat buat besok dimana bakal jadi hari terakhir Saya di Bangkok.

Popular posts from this blog

COME TO STADIUM #1 : Hanoi FC Lawan Hai Pong (Vietnam League)

Last Day : Lost in Bangkok

MAKE AC MILAN GREAT AGAIN !