COME TO STADIUM #1 : Hanoi FC Lawan Hai Pong (Vietnam League)


Salah satu hal wajib yang harus Saya lakukan saat travelling adalah nonton bola secara langsung di stadion. Ini menjadi yang kedua untuk Saya merasakan nonton bola di luar Indonesia, yang pertama saat Saya travelling ke Bangkok. Jadi kemarin pertandingan yang ditonton adalah Hanoi FC melawan Hai Pong dimana saat itu Hanoi FC bertindak sebagai tuan rumah. Pertandingan itu sendiri terjadi di tanggal 21 April 2019 hari Minggu.

Tulisan ini akan Saya bagi menjadi 3 part yaitu sebelum pertandingan, mengenai stadion, dan saat pertandingan. Well,Let’s take a look the first part !

SEBELUM PERTANDINGAN

Sejujurnya Saya tidak begitu tahu mengenai liga sepak bola Vietnam diluar timnas Vietnam yang saat ini menjadi raja ASEAN dan bisa dikatakan one of the top ten football national team in Asia setidaknya bila dilihat dari prestasi timnas Vietnam dalam dua tahun terakhir. Jadi, saat datang ke stadion awalnya Saya mengira Hai Phong bermain sebagai tuan rumah, karena supporternya sangat sangat banyak, gila dan fanatik banget. Bahkan Saya melihat arak-arakan mobil pendukung tim tamu dimana mobil paling depan itu mobil dengan kap terbuka dengan perempuan  berdiri menggunakan assesoris lengkap Hai Pong.

tiket pertandingan

Terlintas memang pendukung Hai Pong lebih banyak yang datang dibandingkan Hanoi FC padahal Hanoi FC bertindak sebagai tuan rumah. Mungkin juga itu karena sebelum pertandingan (saat itu ya..) Hai Pong ada diatas Hanoi FC secara klasemen dan juga jarak Hai Pong ke kota Hanoi tidak terlalu jauh hanya sekitar 2 jam perjalanan.

Mengenai harga tiket pertandingan, Saya tidak tahu secara rinci mengenai harga masing-masing kelasnya tetapi harga tiket kemarin yang Saya beli adalah 50.000 dong dimana posisi duduknya berada di posisi tribun tengah stadion. Layaknya seperti negara berkembang, di pertandingan ini juga banyak calo-calo tiket yang berkeliaran dan memang agak sulit mencari tiket box atau semacamnya. Kemarin pun Saya beli tiketnya di tempat penjualan tiket dimana tempat penjualannya itu hanya berupa satu meja yang dijaga oleh dua orang dan berada didekat pintu masuk stadion.

THE STADIUM

Pertandingan kemarin diadakan di stadion Hang Day (kandang dari Hanoi FC) dimana stadion ini berada di tengah kota Hanoi. Sebagai gambaran sebelum ke stadion ini Saya jalan-jalan dulu ke Mausoleum Ho Chi Minh dan dari sini cukup berjalan kaki sekitar 15 menit dan sampailah di stadion. Secara tata letak stadion ini tidak berada di area komplek olahraga. Stadion ini benar-benar ada di tengah jalan, kalau di Indonesia mirip-mirip stadion Gajayana Malang tetapi ruas jalannya tidak sebesar ruas jalan stadion Gajayana Malang.

warming up


Untuk bagian dalam stadion, kapasitas dari Hang Day mungkin sekitar 20.000 penonton tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil. Dimana penonton lebih dikhususkan di area tribun tengah karena kemarin di tribun belakang gawang itu kosong melompong bisa jadi karena sebelum pertandingan kota Hanoi hujan sekitar 30 menit apalagi tribun belakang gawang itu roofless (gak ada atap). Yang cukup menarik adalah supporter tuan rumah dan tim tamu posisinya gak saling berseberangan, karena biasanya panitia pertandingan umumnya memisahkan posisi supporter menjadi berseberangan biar gak rusuh satu sama lain.

ON THE MATCH

Pertandingan berlangsung seru walaupun diawal-awal pertandingan mainnya masih hati-hati trus juga lapangan masih agak licin karena masih diguyur hujan. Di babak pertama Hanoi FC sempat dapat hadiah penalti tapi sayangnya gagal dieksekusi jadi gol sama pemain Hanoi FC. Babak pertama sejujurnya agak membosankan, nah masuk babak kedua semua berubah apalagi hujan udah berhenti tensi pertandingan mulai naik.
 




Pertandingan berakhir dengan kemenangan Hanoi FC dengan skor 3-1. Hai Pong sebagai tim tamu uggul lebih dulu, sebelum akhirnya dibalas kontan 3 gol sama Hanoi FC. Ada yang menarik saat Hai Pong nyetak gol pertandingan. Pertandingan sempet berhenti sekitar 10 menit gara-gara supporter Hai Pong ngelempar flare kedalam stadion. Stadion jadi sangat berasap trus petugas keamanan sampai lumayan kewalahan nanganin supporter Hai Pong. 

Supporter Hai Pong sebenarnya emang udah nyalain flare bahkan sebelum pertandingan dimulai saat kedua tim masih pemanasan. Saya sampai mikir kalau ini terjadi di Indonesia itu klub minimal bayar denda sampai ratusan juta maksimalnya supporter gak boleh nonton di stadion, intinya mah udah pasti di sanksi lah si klub.


Tapi yang bikin Saya salut walaupun secara tensi pertandingan cukup tinggi saat wasit niup peluit akhir semua yang udah terjadi sebelumnya, yaudah selesai secara fair play nah ini penting banget untuk seluruh supporter dimanapun. Bahkan kedua tim ngasih hormat ke semua supporter pendukung yang dibarengi applause dari seluruh penonton.

Oh ya dari sisi pemain menurut Saya ada 2 pemain yang paling menonjol di pertandingan kemarin. Pertama pemain impor Hanoi FC nomor #39 kalau gak salah namanya Samson. Dia nih yang ubah jalannya pertandingan masuk sebagai pemain pengganti berakhir jadi supersub karena gol pertama dan kedua Hanoi FC berasal dari ini orang. Yang kedua the rising star nya Vietnam nomor #19 Nguyen Quang Hai. Nah dia nih bisa dibilang pemain yang paling ngerepotin tim lawan, pergerakannya liar banget kayak belut. Walaupun posturnya agak kecil tapi penguasaan bolanya bagus banget, dia itu secara gameplay mirip kayak Chanatip Songkrasin dari Thailand tapi dengan badan yang lebih berisi. Nah gol terakhir Hanoi FC dicetak sama Quang Hai ini.

Selalu menyenangkan nonton bola sembari travelling, Next liga mana lagi ya??

Comments

Popular posts from this blog

Last Day : Lost in Bangkok

MAKE AC MILAN GREAT AGAIN !