MENGHITUNG PRIZE MONEY FINALIS UCL 2016/2017




Kompetisi eropa akan memasuki pekan-pekan terakhir dan beberapa diantaranya sudah ditentukan juaranya seperti Eredivisie dimana Feyenoord kembali menjadi penguasa Belanda setelah puasa gelar selama 18 tahun, dan Chelsea yang berhasil menjadi juara Barclays Premier League berkat tangan dingin sang Italiano Antonio Conte. Hal yang sama juga akan terjadi dengan turnamen tertinggi antar klub Eropa yaitu Champions League (UCL) yang akan memasuki babak final. Final UCL, turnamen paling tertinggi antar klub Eropa, akan mempertemukan CR7 dkk dengan Real Madrid nya yang akan melawan Buffon yang masih mengejar ambisi menjadi juara UCL pertamanya sebelum menutup karir profesionalnya bersama pasukan Juventus.

Tingginya gengsi kedua turnamen ini berbanding lurus dengan prize money yang akan didapat masing-masing klub bila menjadi juara. UEFA telah mengumumkan diawal musim bahwa uang sebesar lebih dari €1.3bn akan dialokasikan kepada masing-masing tim peserta UCL. Disini Saya akan mencoba mem-breakdown berapa yang akan didapat finalis UCL 2016/2017 baik Juventus maupun Real Madrid.

Sumber Pemasukan


Terdapat dua sumber pemasukan dari prize money yang akan diterima masing-masing peserta UCL. Pertama adalah Fixed amounts, ini adalah nilai hadiah yang akan diterima masing-masing peserta UCL dimana nilai ini jumlahnya tetap dan akan bertambah seiring dengan berapa jumlah kemenangan dan total hasil draw yang didapat selama fase grup serta sejauh mana tim-tim peserta melaju. Pada UCL 2016/2017 total fixed amount yang telah ditetapkan UEFA adalah €761.9m. Dibawah ini adalah perincian dari nilai fixed amount UCL 2016/2017.



Sumber pemasukan kedua adalah variable amounts atau biasa disebut dengan market pool. Market pool adalah nilai hak siar TV dari masing-masing tim peserta UCL dimana nilai tersebut berbeda masing-masing klub dan akan terus meningkat seiring sejauh mana peserta UCL bisa bertahan. Berarti bisa jadi tim juara belum tentu mendapat prize money paling besar dong? Betul sekali. Mungkin kita pernah mendengar saat UCL 2014/2015 dimana saat itu Barcelona berhasil mengalahkan Juventus di final dengan skor 3-1 justru dari total prize money yang didapat Barca hanya berada diposisi kedua dibawah Juventus yang berada diposisi teratas. Saat itu total hadiah uang yang didapat El Barca sekitar €61.02m bandingkan dengan Juventus yang berada diposisi pertama dengan €89.1m. Perbedaan jumlah prize money yang sangat besar sekitar lebih €20m. Hal itu dikarenakan hak siar Juventus lebih mahal dibandingkan Barcelona selain itu jumlah perwakilan di liga juga berpengaruh. Serie A yang memiliki koefisien liga lebih kecil dibandingkan La Liga membuat Serie A hanya bisa diwakili 3 tim(2 lolos langsung 1 playoff) sedangkan La Liga diwakili 4 tim(3 lolos langsung 1 playoff).



N-3 & N-4 : tim dengan peringkat 3 dan 4 di kompetisi liga



Perkiraan Perhitungan
 



Oke kita akan mulai dengan Los Galacticos, dibabak fase grup Real Madrid meraih poin 12poin dengan rincian 3x menang dan 3x seri dan prize money yang didapat adalah 6m plus 12.7m sebagai uang yang diberikan masing-masing klub yang lolos ke babak fase grup sehingga total yang didapat adalah 18.7m. Untuk Juventus prize money yang didapat adalah 19.7m dimana di fase grup Si Nyonya Tua berhasil mendapat 4x menang dan 2x draw.

Untuk babak sistem gugur(16 besar sampai semifinal) baik Real Madrid maupun Juventus  sama-sama mendapatkan total prize money yang sama besar yaitu 20m. Jadi sebelum masuk final pasukan Zinedine Zidane telah mangantungi uang sebesar 38.7m dimana 1m lebih kecil dari Juventus dengan total uang 39.7m.


Sekarang kita akan membuat asumsi untuk partai final yang akan dihelat di Cardiff tanggal 4 Juni nanti. Bila Real Madrid berhasil meraih juara yang ke 12 kalinya maka suntikan 15.5m akan menanti ke kas keuangan klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu ini. Sehingga total hadiah akan menjadi 41.5m tetapi bila gagal maka Real Madrid hanya akan mendapatkan total prize money sebesar 37m. Si Nyonya Tua juga kurang lebih sama akan mendapatkan total prize money yang didapat seperti Real Madrid dimana bila berhasil menjadi juara maka total hadiah akan menjadi 42.5m sedangkan bila hanya menjadi runner up maka yang didapat adalah 38m. Ingat, ini baru uang yang didapat dari fixed amounts kita belum menghitung uang dari market pool.

Untuk uang dari market pool memang belum ada publikasi mengenai berapa jumlah yang didapat Real Madrid maupun Juventus karena biasanya akan dipublikasikan langsung oleh UEFA setelah turnamen selesai. Dibawah ini adalah distribusi prize money yang didapat oleh masing-masing peserta UCL 2015/2016 yang dipublikasikan langsung oleh UEFA. 
 
 

Bila kita berpatokan seperti musim lalu maka pasukan Massimiliano Allegri mendapatkan uang market pool yang jauh lebih besar dibandingkan El Real. Juventus mendapatkan 52.9m sedangkan Real Madrid hanya mendapatkan kurang lebih setengah dari yang didapat Juventus yaitu 26.02m. Maka total prize money yang didapat Real Madrid bila menjadi juara adalah 67.52m(hampir 1 triliyun rupiah) sedangkan bila menjadi runner up adalah 63.02m. Jauh diatas El Real, Juventus akan mendapatkan dana segar sebesar 95.4m(sekitar 1,4 triliyun lebih) bila menjadi juara dan 90.9m bila gagal menjadi juara, Wow!.

Data distribusi hadiah UCL 2015/2016 juga memperlihatkan bahwa sangatlah tidak heran investasi besar yang dilakukan kedua tim diawal musim khususnya yang dilakukan Juventus. Uang 76.2m hasil dari UCL 2015/2016 plus dana sekitar 105m hasil penjualan Paul Pogba plus dana-dana lainnya sangatlah masih tersisa banyak untuk dana yang dikeluarkan guna membajak Gonzalo Higuain dari Napoli dengan transfer 90m. Keharusan setiap tim-tim Eropa untuk selalu menstabilkan neraca keuangan tim dan terhindar dari hutang agar tidak terkena sanksi financial fair play rasanya bisa dihindari, melihat nilai uang yang didapat dari sebagai peserta UCL, dan ingat ini belum ditambah dana lain seperti sponsorship, ticket sales, merchandise,dll, “selama” pengeluaran besar yang harus dikeluarkan dari gaji pemain bisa ditekan khususnya para pemain bintang yang bisa mendapatkan gaji bersih sekitar 15m - 30m dalam setahun.

Jadi intinya siapa yang anda pilih untuk final nanti, Real Madrid atau Juventus ??






Hernadi Faturachman


Referensi :


Full Distribution Report to Club Report UCL 2015/2016-Financial Matters







Comments

Popular posts from this blog

COME TO STADIUM #1 : Hanoi FC Lawan Hai Pong (Vietnam League)

Last Day : Lost in Bangkok

MAKE AC MILAN GREAT AGAIN !