NEYMAR MENCARI PENGAKUAN





Bursa transfer musim panas kompetisi liga-liga eropa telah melewati satu bulan. Geliat transfer masing-masing klub sudah dimulai demi mengejar pemain incaran. Masing-masing klub mengirim para utusannya untuk memulai proses negosiasi dengan klub dari pemain incaran yang bisa saja cepat ataupun sangat alot dan membutuhkan waktu lama. Kocek yang dalam pun sudah disiapkan para pemilik klub demi memuluskan proses transfer.

Terkait harga transfer suatu pemain khususnya untuk musim kompetisi yang akan datang (2017/2018), jujur saja harga para pemain baik yang sudah pindah secara resmi ataupun masih sebatas rumor seperti mengalami inflasi yang luar biasa besar. Bayangkan saja klub-klub saat ini seakan mudah sekali menginvestasikan uangnya untuk mendapatkan seorang pemain dengan harga kisaran 40-50 juta euro walaupun sebenarnya prestasi pemain tersebut belum bagus-bagus banget. Tetapi inilah imbas dari industrialisasi sepak bola untuk itu janganlah kaget dalam waktu dekat harga transfer termahal dunia akan kembali terpecahkan.

Dua nama yang sangat gencar akan memecahkan rekor transfer termahal milik Paul Pogba siapa lagi kalau bukan “French Wonderkid” Kylian Mbape dan “Brazil’s Sweetheart” Neymar. Khusus untuk Neymar tidak tanggung-tanggung harga 222 juta euro yang merupakan nilai release clause si pemain siap ditebus oleh PSG atau lebih 2x lipat dari harga Paul Pogba saat pindah ke ManUnited (105 juta euro) dan memecahkan rekor transfer. Kabar rumor pun semakin kencang dimana dikabarkan Neymar sudah berasa di Dubai guna memfinalisasi transfer sekaligus tes kesehatan sebelum diperkenalkan ke publik sebagai pemain baru di tim ibukota Prancis tersebut.


Kasus Neymar mungkin agak complicated. Neymar adalah ikon sepak bola Brazil saat ini selain itu dia adalah atlet Brazil dengan pendapatan tertinggi saat ini. Menurut artikel yang dikeluarkan oleh Forbes di tahun 2017 pendapatan Neymar saat ini adalah 37 juta dollar dengan perincian 15 juta dollar berasal dari gaji sebagai pesepakbola dan 22 juta dollar datang dari nilai endorsement. Misal deal transfer terjadi maka Neymar akan mendapatkan gaji 40 juta euro setahun dan menjadi pesepakbola dengan gaji paling tinggi. That’s Insane !

Mungkin besarnya jumlah uang adalah salah satu pertimbangan untuk pindah tetapi alasan paling make sense adalah Neymar sedang mencari sebuah pengakuan. Dengan pindah ke PSG membuat dia lepas dari bayang-bayang Lionel Messi. Kedua pemain ini adalah superstar sepak bola dan menjadi ikon di negaranya masing-masing. Melihat sembilan tahun terakhir pemain terbaik dunia hanya jatuh ke kedua nama yaitu CR7 dan Messi tentu akan sulit untuk Neymar menjadi pemenang bila terus bermain di Barcelona dan Messi masih aktif bermain. Apalagi ditambah baik Messi maupun CR7 seperti tidak mengalami penurunan performance walaupun usia mereka terus bertambah.

Menjadi golden boy di negara dengan iklim sepak bola seperti Brazil plus 4 mantan pemain Brazil yang telah mendapat predikat pemain terbaik dunia di era sepak bola modern (Ronaldo, Rivaldo, Kaka, Ronaldinho) pasti membuat Neymar kepincut untuk menjadi pemain Brazil berikutnya yang mendapatkan pemain terbaik dunia. Di PSG dia akan menjadi pusat perhatian layaknya Messi di Barca dan banyaknya pemain asal Brazil yang bermain di PSG serta kembali bereuni dengan Dani Alves pastinya membuat proses adaptasi menjadi lebih mudah. Selain itu dari sisi branding baik PSG maupun Ligue 1 akan kena imbasnya. Neymar adalah salah satu ikon olahraga di benua Amerika, hal ini bisa membuat pamor PSG maupun Ligue 1 juga akan naik sehingga bisa melebarkan sayap ke pasar benua Amerika setidaknya Amerika latin.


Yang paling dikhawatirkan bila transfer ini terjadi pastinya adalah nilai inflasi dari harga para pesepakbola pasti akan semakin naik. Gap yang besar antara harga Paul Pogba 105 juta euro dengan Neymar 222 juta euro membuat para giant teams harus siap-siap merogoh kocek yang cukup guna mendatangkan pemain incaran. Tetapi untuk Neymar pastinya pengakuan sebagai pesepakbola terbaik di dunia bisa menjadi kenyataan. Layaknya para fans sepak bola menentukan siapa pemain terbaik Amerika Latin diantara Pele dan Maradona yang banyak diperdebatkan mungkin itu yang dicari Neymar di kemudian hari, Siapa pemain terbaik Amerika Latin Messi  ataukah Neymar. Itu semua bisa didapat bila pengakuan di lapangan hijau telah didapat.




Hernadi Faturachman 

Referensi :

Comments

Popular Posts